Thursday, April 14, 2016

Pengertian BHUANA AGUNG

Bhuwana Agung artinya alam besar atau jagat raya yang kita muliakan karena keluhuran dan kemampuannya untuk memberikan kehidupan kepada semua makhluk tanpa henti-hentinya.
Bhuana agung juga disebut Macrocosmos. Terjadinya Bhuana Agung atau alam semesta ini diciptakan oleh Sang Hyang Widhi pada waktu Sresti (penciptaan) dan akan kembali pada waktu Pralaya.

Dari unsur Panca Maha Bhuta berkembanglah Bhuana Agung
Bhuana Agung artinya alam raya ( besar ). Jadi semua yang ada di alam semesta ini termasuk gugusan bintang, matahari, planet, bumi dengan segalaisinya ini yang disebut bhuana agung. Istilah lainnya adalah jagat raya,makrokosmos, atau brahmanda.Penggambaran jagat raya termasuk proses penciptaannya banyak diuraikandalam beberapa kitab suci Hindu Seperti Brhad Aranyaka Upanisad, BrahmandaPurana, Agastya Parwa dan sebagainya.Kapan sesungguhnya alam semesta ini tercipta, sangat sulit dipastikan,mengingat keterbatasan kemampuan dan umur manusia. Bebrapa peneliti danilmuwan mencoba untuk membuat teori tentang penciptaan alam semestatetapi tidak satupun dapat memastikan kapan alam ini tercipta.
Unsur-unsur yang menyusun atau yang terdapat di dalam bhuana agung dinamai Panca mahabhuta, atau Lima Unsur Zat Alam. Kelima unsur tersebut yaitu: 
   1. Akasa (ether)
   2. Bayu (zat gas, udara)
   3. Teja (plasma, api, kalor)
   4. Apah (zat cair)

   5. Pertiwi (zat padat, tanah, logam)

No comments:

Post a Comment

Mohon Kritik dan Sarannya :)